Iklan Google

Halaman Kami

System Kerja Rangkaian Sensor Slide BB Torch



1.Pada BB 9800 terdapat dua sensor slide, Pertama pada pcb dan yang kedua pada Flexible.
2.Cara kerja sensor slide yaitu jika mendapat daya magnetic maka secara otomatis akan memutus tegangan dan kembali terhubung apabila terlepas dari daya magnet tersebut.
3.Pada saat slide up, maka sensor pada bagian pcb akan terhubung dan sensor slide pada flexible akan terputus. dimana pada system ini melakukan slide up maka sensor pada bagian pcb terhubung dan akan mengaktifkan keyboard bagian pcb, Kemudian pada saat itu juga secara bersamaan sensor slide bagian flexible akan menonaktifkan program keyboard pada torchscreen karena di saat slide up, sensor slide flexible mendapat daya magnetik dari buzzer dan secara otomatis menonaktifkan program keyboard pada touchscreen, hal ini karena tegangannya terputus setelah mendapat daya magnet.
4.Namun saat slide down, sensor slide pada pcb mendapat daya magnet dan memutus tegangan yang menonaktifkan keyboard di pcb,, kemudian secara bersamaan juga sensor slide bagian flexible terlepas dari daya magnet buzzer dan sensor magnet,,, maka flexible kembali terhubung untuk mengaktifkan program keyboard touchsreen. Jika kita coba membypass atau jumper atau melangsungkan tegangan sensor slide pada bagian PCB,, maka hasilnya keyboard PCB akan selalu aktif walaupun slide dalam keadaan tertutup (slide down),,, Padahal seharusnya saat slidedown keyboard PCB tersebut nonaktif.
Sumber: www.rajaponsel.com
Pada IC U1002 (sensor) saat sliding tertutup tidak terkena magnet, Namun saat sliding terbuka, ia akan terkena magnet dari Buzzer yang terdapat pada tulang belakang casing.
Ada tiga kaki pada IC U1002 (Sensor) ini :
Kaki 1 = Tegangan kerja V2_85DIG untuk IC Proximity Sensor ini dari IC Power TPS65856
Kaki 2 = Tegangan Control Slide Open Sensor dari CPU PXA940
Kaki 3 = Ground
-Bila didekatkan magnet maka kaki 2 akan terhubung ke kaki 3 (GND). Sehingga tegangan akan hilang atau menjadi GND.
-Bila tidak terkena magnet (Slide Closed) maka kaki 2 = High 2,85v. Melaporkan ke CPU bahwa Sliding sedang tertutup.
-Bila terkena magnet (Slide Open) maka kaki 2 = Low 0v. Melaporkan ke CPU bahwa Sliding sedang terbuka. (Active Low)
Permasalahan yang sering terjadi pada flexible ini adalah:
-IC Proximity yang rusak atau jika terkena magnet kaki 2 tetap tidak jadi ground (selalu High), hal ini dapat menyebabkan kerusakan keypad Hang.
-Jika IC Short, sehingga selalu Grounding (Active Low), dengan gejala saat Sliding ditutup, LCD dapat menjadi Blank hitam atau saat Sliding dibuka LCD tampil dengan kondisi hank keypad.



1 komentar:

disini mengatakan...

mau nanya sob kalo slide di buka layar sama kyped tidak berfungsi mohon penerangan nya

Ready Box Flasher New By YOPIE MOBILETECH

Ready Box Flasher New By YOPIE MOBILETECH
Box flasher